26
Jun
08

Guru Gaptek

Depdiknas sudah berupaya mengupload 49 judul buku pelajaran yang telah dibeli hak patennya. Diharapkan dengan begitu buku bisa diprintout dan dibagikan kepada siswa. Ternyata kendalanya guru belum terbiasa mengunduh bahan ajar yang tersedia di internet. Selain infrastruktur belum tersedia juga guru belum terbiasa, tidak bisa..dalamarti tidak tahu membuka alamat di internet karena belum terbiasa. Padahal bagi mereka yang tidakpunya kertas dan printer juga dapat membacanya di komputer. Persoalan adalan belum banyak komputer di sekolah, apalagi komputer yang terkoneksi ke internet. Memang kita aaui bahwa fasilitas internet bukan barang murah, selain membutuhkan modem juga harus mampu membayar abudemen dan pulsanya…sekolah di daerah terpencil alih-alih punya biaya untuk beli modem dan bayar langganan bulanan untuk beli komputer aja tidak ada anggarannya. Jadi gimana donk kalau begini?

Dinas kabupaten/kota hendaknya menjembatani atau LPMP yang punya infastruktur untuk internet dapat membantu sekolah dengan mengakses buku-buku tersebut. Mungkin kalau untuk membayar foto copy saja akan lebih murah daripada harus langganan internet. Berdasarkan pengalaman, berlangganan speedy perbulan dengan pemakaian 50 jam per bulan kita harus bayar 220 ribu per bulan. Kalau sekolah di daerah terpencil harus menyediakan anggaran untuk itu akan menjadi berat…sehingga lebih baik bayar kopian buku saja, asal yang menggandakan tidak ambil untung terlalu tinggi, kasihan para siswa.

Kalau memang infrastruktur di sekolah telah ada, akan tetapi guru tidak dapat mengunduh buku tersebut, jalan yang mudah adalah guru belajar caranya…tidak sulit koq asal ada kemauan dari guru serta ada orang yang memberitahu..tidak harus kursus dan tidak perlu sertifikat… guru kan biasanya cepat belajar, buktinya bahan yang akan diajarkan hanya dibaca satu kali langsung tampil di kelas…bahkan ada guru tidak sempat baca secara mendalam sudah langsung mengajarkannya, bukti lagi guruitu cepat belajar. Begitu juga belajar mengunduh bahan-bahan di internet. Asal sudah ada komputer yang terkoneksi dengan internet. Gunakan mesin pencari, seperti google atau yahoo. Apalagi kalau tahu alamat website yang dituju hanya perlu sepuluh menit akan dapat membaca buku yang dimaksud. Tinggal ada kemauan guru tersebut.

Selamat mencoba! Semoga berhasil!  



%d blogger menyukai ini: